Cara Mudah Mengecek Foto Hoax Atau Bukan

Cara Mudah Mengecek Foto Hoax Atau Bukan

KecoaTerbang.com - Banyaknya pengguna media sosial akan memudahkan seseorang untuk berbagi informasi. Berita yang berada pada sebuah website akan cepat tersebar dengan bantuan media sosial. Begitu juga dengan foto yang kadang menarik perhatian pengguna medsos. Sayangnya kemudahan yang ada pada media sosial tidak dibarengi oleh rasa tanggung jawab pengguna. Begitu ada info entah benar atau tidak langsung saja dibagikan, entah itu berita tertulis atau sebuah foto.

Bahayanya bila yang anda bagikan tersebut ternyata hoax yang dapat memecah belah bangsa. Idealnya seorang pengguna media sosial yang aktif dapat berfikir, apakah berita yang akan kita bagikan tersebut valid atau tidak, hoax atau bukan. Sebenarnya ada cara yang dapat digunakan untuk mengetahui kevalidan sebuah informasi, lebih-lebih yang berkaitan dengan foto atau gambar. Semisal gambar tersebut sudah ada sejak lama lalu dipakai lagi atau sebuah gambar editan.


Berikut Cara Mudah Mengecek Foto Hoax Atau Bukan


1. Menggunakan Aplikasi di Playstore.
Cara ini digunakan saat kalian mengakses media sosial menggunakan smartphone khususnya android. Pilih salah satu aplikasi yang ada dibawah ini kemudian instal pada android. Sebelumnya simpan terlebih dahulu gambar yang akan di cek menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut. Buka aplikasi yang baru saja terinstal kemudian upload gambar yang sudah tersimpan atau yang akan dicek kebenarannya. Aplikasi akan menunjukkan tautan dari mana saja gambar tersebut berasal. Dari sana pengguna dapat menganalisa kevalidan foto yang akan disebar. Apakah hoax atau editan?



2.Menggunakan Google Image.

Sebenarnya cara ini sudah lama, namun masih ada juga yang belum tahu/menggunakan. Bagi yang mengakses media sosial melalui PC dapat menggunakan cara ini untuk mengetes kevalidan sebuah foto.


Cara Mudah mengecek Foto Hoax atau Bukan Melalui Google Image.

  • Pertama buka tautan google image disini.


  • Upload foto yang akan dicek, tunggu beberapa saat.


Google akan menampilkan tautan-tautan yang berkaitan dengan foto anda. Hal tersebut akan mempermudah mencari dari mana sumber foto berasal.

Sebenarnya kedua cara di atas hampir sama. Hanya saja aplikasi yang digunakan berbeda. Luangkan waktu beberapa menit saat anda mendapatkan informasi, sebelum kemudian akan membagikannya. Jangan sampai anda termasuk dalam salah satu bagian provokator lewat dunia maya.

Comments