Generasi Pokemon Selama Ini

Generasi Pokemon

Pokemon memang muncul dari konsep consol game yang dibuat oleh perusahaan ternama Nintendo dari Jepang namun siapa yang mengira game ini menjadi sangat terkenal dari setiap generasi dan seri Pokemon yang ada selama ini. Satoshi Tajiri selaku pembuat Pokemon membuat jalan cerita serta konsep game RPG petualangan dan strategi untuk consol game GameBoy. Proses dari pembuatan game ini dibantu oleh Ilustrator bernama Ken Sogimori untuk mengisi setiap karakter di setiap seri Pokemon.
Sekuel dan konsep dari game ini tidak pernah berubah mulai dari versi asli dan remake-nya. Sangat berbeda dengan game-game RPG lainnya yang sering mengubah detail dari game tersebut. Dimana sang Pelatih Pokemon mencari Pokemon atau melawan Pelatih Pokemon lainnya untuk menyandang gelar Pokemon Master. Berikut generasi Pokemon dari masa ke masa : 

1. Pokemon G1 era GameBoy (Color Generation)

Generasi pertama Pokemon diluncurkan di AS (Amerika Serikat) pada 30 September 1998. Pertama kali muncul Pokemon adalah seri Pocket Monsters Aka Midori ("Red" and "Green" dalam versi bahasa Inggris) untuk GameBoy di Jepang, dan kemudian disempurnakan lagi menjadi Pokemon Red and Blue untuk dirilis Internasional. 

Pokemon GoPokemon

Versi remake Pokemon dari seri Pokemon Red and Blue dirilis dengan nama Pokemon Yellow : Special Pikachu Edition, dengan elemen warna GameBoy Color untuk menggambarkan apa yang ada di serial TV Pokemon  Season 1.

Pada Generasi pertama Pokemon diperkenal dengan 151 spesies dari urutan Bulbasur sampai Mew (di daftar Nasional Pokedex). Untuk saca bermain Pokemon sudah dijelaskan di artikel sebelumnya dimana kita sebagai Pokemon Trainer yang membangun dan mengembangkan sebuah tim Pokemon untuk mengalahkan trainer rival dan tentunya Pokemon liar untuk bisa menjadi Pokemon Master. 


2. Pokemon G2 era GameBoy Color (Metal Generation)



Pokemon generasi kedua pada pertengahan tahun 2000 dengan diluncurkannya Pokemon Gold, Silver, dan Crystal untuk GameBoy Color yang memuat 100 spesies dengan setting kota bernama Johto yang terinspirasi dari kota Kansai di Jepang.


Evolusi PokemonGame Pokemon

Konsep baru dari generasi kedua adalah penyebaran virus Pokemon disebut dengan Pokerus. Virus ini berbeda dengan yang kita kenal sehari-hari (penyebab penyakit), Pokerus tersebut malah membuat Pokemon menjadi lebih kuat dan lincah untuk mendapatkan poin dan EXP karena efek dari Pokerus adalah menggandakan Effort Value sehingga membantu para Pokemon Trainer menaikkan level Pokemon tersebut. Efek lain dari Pokerus bisa menulari Pokemon lain dengan cara menaruh Pokemon yang terinfeksi disebelah Pokemon lain, namun efek ini hanya bertahan selama 2 hari saja.

Nah untuk menyimpan Pokemon yang terkena Pokerus dengan cara memasukkan ke dalam PC. Satu lagi yang perlu diingat kemungkinan untuk mendapatkan Pokerus 3:65536 entah itu bertemu dengan Pokemon liar maupun menternakkannya.

3. Pokemon G3 era GameBoy Advance (Advance Generation)

Pada generasi ke tiga diluncurkan pada tahun 2003 dengan munculnya Pokemon Ruby and Sapphire untuk GameBoy Advance, bersamaan versi remake dari Generasi Pertama (Pokemon Rad and Blue). Tokoh utama dalam generasi ke tiga adalah May (Haruka) atau Brendan (Yuki)

Pokemon Generasi Pokemon

Pokemon generasi ke tiga 135 spesies dimulai dari Treecko sampai Deoxys. Memang banyak perubahan dari Pokemon generasi ke tiga namun kembali lagi kepada para peminat merasa kurang puas dengan perubahan di generasi ke tiga karena sistem perubahan siang dan malam dihapus tidak seperti pada Pokemon generasi ke 2. Nah yang lebih parah lagi adalah untuk menangkap Pokemon hanya disediakan 202 spesies saja sedangkan yang lain tidak dimunculkan, kecuali kalian bermain curang dengan memakai cheat , gameshark dan semacamnya.

4. Pokemon G4 era Nintendo DS (Lite Generation) 

Pokemon Generasi ke 4

Generasi ke empat diluncurkan pada tahun 2006 dengan seri Pokemon Diamond and Pearl untuk Nintendo NDS Lite maupun DSi. Fitur baru yang diperkenalkan dalam versi Nintendo DS adalah touch screen, pergantian siang dan malam, pertarungan dan jurus, dapat mengukur berat badan Pokemon dari Trainer itu sendiri dan Pokemon Contest yang diubah menjadi Super Contest. Dalam generasi ke empat Pokemon ditambahkan 107 Spesies (Turtwig sampai Archerus).

5. Pokemon G5 era Nintendo DS (Monochrome Generation)

Generasi Pokemon ke lima diluncukan tahun 2010 dengan adanya Pokemon Black and White untuk Nintendo DS (NDS Lite dan DSi). Pokemon yang ditambahkan di Generasi ke lima 156 Spesies termasuk Pokemon Event dimulai dari Victini sampai Genesect. Fitur tambahan pada Pokemon generasi ke lima adalah sistem siklus musim dan Triple Battle atau Rotation Battle. Triple Battle adalah mode dimana ketika bertarung bisa langsung mengeluarkan 3 Pokemon sekaligus sedangkan Rotation Battle hampir sama dengan triple battle namun hanya salah satu Pokemon yang berada didepan dan 2 Pokemon di belakangnya. Pemain bisa memutar stage bila ingin menukar giliran. 

game pokemon terbaruartikel tentang pokemon

Siklus musim pada generasi ke lima berbeda dengan dunia nyata yaitu : 

Musim Semi : Januari, Mei dan September
Musim Panas : Februari, Juni dan Oktober  
Musim Gugur : Maret, Juli, dan Desember

6. Pokemon G6 era Nintendo 3DS (3D Generation) 

Pokemon Generasi ke enam diresmikan 8 Januari 2013 dengan adanya seri Pokemon X dan Y untuk Nintendo 3DS dan diluncurkan diseluruh dunia pada 12 Oktober 2013. Didalam Pokemon generasi ke enam banyak sekali fitur tambahan yang sangat signifikan yaitu Kostumisasi pemain dan Pokemon dapat di tunggangi layaknya kuda. Kerennya lagi di generesi ke enam adalah diperkenalkannya bentuk alternatif dari Mewtwo yang akhirnya dikenal sebagai bentuk Mega Evolusi. 

sejarah pokemonkarakter pokemon

Mode bertarung Pokemon generasi ke enam berbeda lagi Horde Battle dimana pemain akan melawan lima Pokemon liar dengan salah satu Pokemon diurutan pertama dan sky battle dimana hanya Pokemon dengan tipe terbang yang bisa berpartisipasi melawan lima Pokemon tersebut. Tipe Pokemon baru adalah tipe peri (Fairy).

7. Pokemon G7 era Nintendo 3DS

Pokemon Generasi ke tujuh pada tanggal 27 Februari 2016 dalam rangka perayaan 20 tahun Pokemon. Nintendo mengumumkan akan meluncurkan Pokemon Sun and Moon dalam 9 bahasa dan akan dirilis 18 November 2016.








Comments