Cara Membuka Smartphone yang Terkunci Tanpa Reset Ulang

lupa password android

KecoaTerbang - Demi keamanan dan privasi seseorang mengunci smartphone menjadi keharusan yang tidak boleh dilupakan untuk menghindari dari tangan-tangan jahil. Mungkin ada juga sebagian orang yang membiarkan smartphone mereka tidak dikunci dengan alasan data di smartphone tidak terlalu penting atau hanya sekedar untuk bermain game. Opsi keamanan dismartphone Android untuk saat ini sudah bervariasi seperti kombinasi angka (PIN), Pola, atau sensor Finger Print.


Namun tak jarang juga kita tiba-tiba lupa dengan sandi yang sebelumnya sudah diganti sehingga smartphone kita tidak bisa digunakan. Solusi yang diambil para pengguna biasanya langsung melakukan Factory Reset/Reset Ulang.

Jangan terburu-buru dulu untuk mereset smartphone kamu karena Mimin mau kasih tau cara alternatif sebelum melakukan Factory Reset yang bisa kamu coba terlebih dahulu.

1. Android Device Manager

Sebelum menggunakan aplikasi ini pastikan smartphone kamu sudah terdaftar di Android Device Manager dengan menggunakan akun Gmail yang didaftarkan dan mengaktifkan fiturnya di smartphone kamu. 
Kunjungi situs ini Android Device Manager disana akan ada tiga pilihan Deringkan, Kunci, dan Hapus. Pilih Kunci atau Lock (refresh browser jika kesulitan mencari smartphone kamu). 
lupa kata sandi android

cara membuka hp yang terkunci

Setelah memilih Kunci atau Lock kamu akan diminta untuk memasukkan kode baru dengan opsi  PIN, Pola dan Password lama yang kamu lupa. Isilah password kamu dua kali untuk mengkonfirmasi pilihanmu dan pilih Kunci atau Lock, tunggulah sekitar 5 menit. Nah Android kamu sudah bisa diakses kembali dengan password yang barusan diganti. 

2. Forgot Pattern

Untuk fitur ini biasanya digunakan oleh sistem android Kitkat 4.4 atau lebih rendah dengan cara setelah mencoba memasukkan password yang salah lima kali akan muncul "Forgot Pattern". 

lupa kata sandi

Sebelumnya pastikan koneksi internet kamu hidup. Biasanya akan muncul opsi pertanyaan keamanan dan login dengan akun Google kamu, pilihlah login dengan akun Gmail. Google akan mengirim email tentang password kamu.

lupa kata sandi android

3. ADB untuk Menghapus Password 

Siapkan smartphone dan kabel USB, aktifkan USB Debugging dan komputer kamu sudah terhubung dengan smartphone melalui ADB. Cara ini biasanya digunakan oleh user yang sering menginstall ROM atau Root smartphone. 

Sambungkan kabel USB ke komputer dan buka CMD (command prompt) di direktori installasi ADB dengan mengetik : adb shell rm /data/system/gesture.key
lupa kata sandi android

Restart/reboot smartphone kamu tunggu beberapa saat. maka kata sandi di smartphone sudah tidak ada. Namun ini hanya sementara buatlah sandi baru setelah itu restart kembali. 

Comments