Demo 4 November Ditunggangi Kelompok Radikal ISIS

Demo 4 November terindikasi Ditunggangi Kelompok Radikal ISIS

Kecoaterbang.com - Demo besar-besaran yang akan berlangsung pada jumat, 04 November mendatang dinilai oleh Sidney Jones, pengamat teroris, tidak hanya dilakukan oleh Front Pembela Islam dan organisai lainnya. Ada kemungkinan aksi esok akan ditunggangi oleh kelompok yang selama ini tergolong ekstream. "Ada banyak unsur yang akan terlibat di dalamnya, tidak hanya masa dari FPI saja, namun bisa jadi kelompok ekstream akan memanfaatkannya", ujar Sidney di The Wahid Institute.

Dasar pernyataan Sidney berasal dari informasi sebuah telegram yang ia terima. Ada sebuah rencana dari kelompok tertentu, yakni Islam radikal yang memberi perintah kepada para kelompoknya untuk memanfaatkan momentum demo jumat besok. Ada indikasi kelompok ekstream yang akan menyusup adalah kelompok ISIS. Dalam info yang tertera pada telegram, mereka menyerukan agar ikut dalam aksi yang berlangsung setelah sholat jumat tersebut.

Demo 4 November terindikasi Ditunggangi Kelompok Radikal ISIS

Potensi kerusuhan dan kekacauan menjelang pilkada serentak menurut Sidney dapat dilihat sebelum dugaan penistaan agama yang dilakukan Ahok terjadi. Jauh sebelum ini semua, sudah dapat dilihat, mulai dari penyerangan polisi yang terjadi di Tangerang. Kasus ini sudah menjadi indikasi awal terjadinya kerusuhan yang diinginkan kelompok ektream. Jadi kemungkinan besar demo 4 November mendatang terjadi kekisruhan teramat besar peluangnya.

Sidney mengimbuhkan, masa demo yang akan mendatangi Jakarta jumlahnya mencapai ribuan, mereka datang dari berbagai wilayah di Indonesia. Tentu dengan masa yang begitu banyaknya dibutuhkan alokasi dana yang tidak sedikit. Mereka butuh dana untuk transportasi, menganggkut masa dari daerah, logistik selama di Jakarta, serta kebutuhan lainnya. Meski begitu Sidney tidak tau secara pasti dari mana anggaran untuk kegiatan demo tersebut. Yang jelas banyak unsur yang terlibat, bisa jadi unsur politik ikut andil di dalamnya.

Sidney sempat menyayangkang sikap pemerintah dan beberapa ormas besar Islam di Indonesia yang dinilai lambat dalam mencairkan suasanya yang memanas akhir-akhir ini. Demo 4 November nanti dinilai sebagai akibat lambannya pemerintah dalam menghadapi permasalahan. Ia juga kecewa terhadap para politikus di Indonesia yang dianggap tidak peka dengan perkembangan kelompok radikal yang mengancam NKRI.

Comments