Hati-hati pada Hari Valentine


Kecoaterbang,com - Februari adalah bulan yang ditunggu-tunggu untuk mereka yang sedang jatuh cinta atau sudah memiliki pasangan, tepatnya tanggal 14 Februari untuk merayakan Hari Valentine. Perayaan hari valentine biasanya diwarnai dengan adanya kartu ucapan, bunga, dan coklat yang bertebaran dimana-mana. Tetapi apa kalian tahu dibalik Hari Valentine dan mengapa dirayakan pada tanggal 14 Februari? Sebaiknya kamu harus tahu mengetahui apa itu Hari Valentine dan apakah patut untuk dirayakan? Begini ceritanya. 

  • Sejarah Singkat 


Hari Valentine diduga berasal dari Romawi yang berawal dari festival kesuburan untuk Faunus, dewa Romawi, bernama Lupercalia yang jatuh ditanggal 15 Februari. Dalam perayaan Hari Valentine para anak laki-laki menarik nama gadis-gadis dari kotak untuk dijadikan pasangan saat festival. Sedangkan gereja katolik Roma mengakui bahwa Valentine adalah sosok nyata yang meninggal sekitar 270. Valentine sendiri adalah pemuka agama yang kepalanya dipenggal oleh Kaisar Claudius II karena membantu pasangan Kristen menikah di tahun 1400-an. 

  • Fakta Menarik Hari Valentine 

1. Pada tanggal 14 Februari diperingati sebagai hari Santo Valentine sejak 498 SM.


2. Di Inggris, abad ke-17 selebrasi Hari Valentine dimulai dan dipertengahan abad ke-18, Selebrasi ini dirayain dengan bertukar koin dan surat. 

3. Dipertengahan abad para wanita memakan makanan aneh-aneh untuk mendapatkan mimpi siapa suaminya kelak. 
4. Adanya kepercayaan pada hari Valentine yang masih single akan dipertemukan dengan jodohnya.

5.  Simbol hari di hari Valentine dipercaya jiwa murni seorang manusia tinggal didalam hati, sedangkan warna merah dipilih karena memiliki warna paling romantis. 

6. Coklat menjadi barang paling populer pada hari Valentine yang diperkenalkan oleh Richard Cadbury pada tahun 1868.

  • Fakta Mengerikan Hari Valentine 


1. Bunga mawar yang dijual pada hari Valentine di Amerika serikat diimpor dari Amerika Selatan dan menghabiskan bahan bakar fosil dalam proses pembuatannya. 

2. Awal datangnya hari Valentine berasal dari festival Lupercalia dimana para pria ditelanjangi dan mengambil cambuk untuk mencambuk wanita muda untuk meningkatkan kesuburan mereka. 

3. Martir Kristen bernama St. Valentine dipenggal pada tanggal 14 Februari karena melakukan proses diam-diam di kalangan prajurit karena hal itu dilarang. 

4. 67 persen orang Amerika memiliki kelebihan berat badan dan obesitas karena coklat Hari Valentine.

5. Karti ucapan dari Charles, Duke of Oceans untuk istrinya saat Charles dipenjara selama 24 tahun.

6. Pembantaian terkenal di hari Valentine terjadi saat 7 gangster Chicago ditembak mati pada 14 Februari 1929 dan menjadi salah satu peristiwa paling berdarah di sejarah gangster. 


Comments