Tips Mengatasi Kecanduan Smartphone

cara mengatasi kecanduan smartphone

Kecoaterbang.com - Smartphone saat ini sudah bukan jadi barang mewah, semua bisa membeli smartphone dengan harga yang bervariasi serta kualitas smartphone yang dibilang cukup mumpuni untuk sekedar chatting maupun berselfie. Dengan adanya smartphone semua masalah seakan-akan bisa teratasi, tapi apa kamu tahu efek terlalu sering memakai smartphone? Mungkin saat ini kamu tidak menyadari karena smartphone sering berada digenggam tangan. Daya tarik smartphone saat ini memang sangat menarik sekali mulai dari harga yang murah. kualitas, kamera canggih, serta aplikasi-aplikasi smartphone yang dinilai membantu aktivitas. Dibalik semua itu pasti ada efek negatif karena terlalu sering menggunakannya. Berikut cara terhindar dari kecanduan smartphone: 

1. Sosialisasi

kecanduan smartphone

Smartphone memang menghubungkan yang jauh semakin dekat, tapi sebaliknya yang dekat semakin jauh. Jika kamu menyadarinya segera sadarlah karena hal ini dapat merusak tingkat sosialmu. Pecandu smartphone biasanya nampak cuek dengan keadaan sekitar dan lebih memilih memainkan smartphone daripada bersosialisasi. 

2. Aktifkan Mode Silent

tips mengatasi kecanduan smartphone

Biasanya para pengguna smartphone selalu merespon jika ada notifikasi muncul diberanda layar smartphone, hal ini tidak dapat dipungkiri karena banyaknya social media yang dipakai dan berbagai macam notifikasi muncul. Cara terbaik untuk menghindari kecanduan smartphone sebaiknya aktifkan Silent Mode karena ini bisa membuat kamu lupa beberapa saat tentang notifikasi dan juga membuat awet baterai smartphone kamu. Masih ada led notifikasi? Taruh bagian layar dibawah.

3. Social Media


Berapa sosmed dismartphone kamu? Jika satu sosmed saja bisa menghabiskan waktu 10 menit berapa banyak waktu yang kalian buang hanya untuk memainkan smartphone? Gunakanlah social media dengan bijaksana karena semakin banyak social media semakin kamu kecanduan smartphone.

4. Sembunyikan


Jika kamu merasa masih berat melepas smartphonemu, coba letakkan smartphone ditempat tersembunyi atau sulit dijangkau, misalnya letakkan smartphone di dalam tas bagian paling dasar karena dengan begitu kamu harus berfikir dahulu sebelum mengambilnya.

5. Hape Jadul



Jika empat hal diatas tidak mempan gunakan cara ini, dijamin 70% pasti kecanduan smartphone dapat teratasi, cukup tinggalkan smartphone kamu dan bawalah hape jadul kemana-mana atau letakkan smartphone didalam tas dalam kondisi silent/mati.

-----

Jika narkotika bisa membuat ketagian, smartphone bisa lebih menjadi ketagihan dan membuat kamu seakan-akan nggak bisa hidup tanpa smartphone ditanganmu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu, jangan lupa share artikel ini di social media. :)


Comments